Laz Nahwa Nur berikan modal usaha untuk UMKM terdampak Covid 19

Bogor, 17 April 2021 LAZ Nahwa Nur bekerja sama dengan Yayasan Berkat Usaha Masyarakat Pancasila ( Bersampan ) Kabupaten Bogor menggulirkan program pemberdayaan Ekonomi Mikro Mustahik. Ditengah masa pandemi ini sektor UMKM menjadi salah satu yang ikut terdampak. Menurut data lebih dari 30.000 usaha mikro yang gulung tikar dan terpaksa menutup usahanya. Dan itu rawan menjadi potensi kemiskinan baru karena pelaku UMKM biasanya tidak memiliki cadangan dana yang cukup.

Sebagai sebuah lembaga zakat resmi, Laz Nahwa Nur punya kewajiban untuk membantu para pelaku UMKM yang merupakan tiang ekonomi bangsa ini. Melalui program UMKM Hebat, Laz Nahwa Nur mengalokasikan dana zakat yang dihimpun untuk program Zakat Produktif ini.

Ada 20 pelaku UMKM yang menerima manfaat ini, berupa bantuan modal usaha untuk mereka, ditengah gencarnya juga para rentenir yang menawarkan pinjaman. Tujuan jangka pendek dari program ini adalah

  • membantu mengatasi keterbatasan modal para mustahik ( pelaku UMKM )
  • Mempersempit gerakan para rentenir
  • meningkatkan manajerial usaha
  • membiasakan pengaturan ekonomi rumah tangga yang baik dan islami
  • membangun mentalitas pribadi dan wira usaha yang tangguh
  • membangun kebersamaan dalam kelompok dan masyarakat dengan semangat kepedulian jiwa partisipatif

Tujuan jangka panjangnya adalah meningkatkan status mustahi menjadi Muzaki.

Strategi pencapaian program ini adalah melalui pemberdayaan dengan basic kelompok atau komunitas, membuat model pengembangan usaha individu dalam sebuah kelompok sesuai dengan kemampuan masing masing.

General Manager LAz Nahwa Nur Bapak Yusuf Cakhyono mengharapkan bantuan modal dan bimbingan ini bisa membantu para pelaku UMKM minimal mereka bisa bertahan dimasa pandemi ini, dan bisa berkembang dan bertumbuh jika pondasi usaha sudah bisa dibangun dengan benar dan kokoh.

Program ini akan berjalan selama 1 tahun pendampingan dengan harapan dalam kurun waktu itu terbentuk suatu kelompok yang memiliki dinamika yang disertai dengan berkembangnyajiwa partisipatif dari masing masing anggotanya dalam memecahkan masalah yang ada dan dengan berkelompok juga menjadi salah satu alternatif pemecah masalah yang mereka semua hadapi terutama ekonomi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *