Ini Alasan Mengapa Harus Berzakat di Lembaga Resmi Zakat

5 Keuntungan Zakat via Lembaga, Salah Satunya Pangkas Pajak Tahunan

14 April 2021 – 12:12

Zakat merupakan salah satu bentuk ibadah umat Islam yang hukumnya adalah wajib. Zakat juga termasuk salah satu Rukun Islam yang perlu diimani oleh setiap kaum Muslim. Oleh karena itu, peran zakat dalam memenuhi kebutuhan ibadah dan kemanusiaan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Perintah zakat termaktub di dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 43 yang berbunyi:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِيْنَ

Artinya: “Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.”

Dari ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa zakat sama dengan ibadah wajib lainnya, seperti salat lima waktu dan berteman bersama orang-orang saleh. Dengan begitu, umat Islam yang berzakat bisa menerima manfaat pahala karena sudah menuntaskan kewajibannya.

Zakat Lewat Lembaga

Sekarang ini sudah banyak lembaga amil zakat (LAZ) yang muncul di Indonesia untuk membantu muzakki menyebarkan manfaat zakat. Selain itu, lembaga juga membantu para mustahiq atau penerima manfaat supaya diberikan haknya sesuai dengan syariat Islam yang berlaku. Terlebih masih banyak masyarakat menengah ke bawah di Indonesia yang membutuhkan manfaat dari gerakan bersama ini.

Dari sini lembaga zakat hadir untuk menghimpun, mengelola, dan menyalurkan manfaat zakat kepada 8 golongan penerima zakat. Jumlah 8 golongan tersebut sebagaimana tertulis di dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat 60:

إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلْفُقَرَآءِ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْعَٰمِلِينَ عَلَيْهَا وَٱلْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَٱلْغَٰرِمِينَ وَفِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

 

Artinya: “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

 

Dari pengetahuan mengenai kewajiban zakat ini, keberadaan lembaga amil menjembatani para muzakki dan mustahiq dan menyebarkan hasil pengumpulan zakat secara profesional.

Keuntungan Berzakat Melalui Lembaga

1. Mengurangi Pajak Tahunan

Undang-undang No.23 tahun 2011 sudah mengatur tentang pengelolaan zakat di Indonesia. Dalam peraturan itu disebutkan bahwa donasi keagamaan yang hukumnya adalah wajib bisa menjadi instrumen pengurang Penghasilan Kena Pajak (PKP) setiap tahunnya.

Nantinya PKP yang dikurangi karena menunaikan zakat lewat lembaga akan dibuktikan secara sah dan legal kepada para muzakki. Hal ini tentu akan mendorong para muzakki untuk menebarkan kebaikan zakat lebih banyak lagi.

2. Aman dan Terpercaya

Sebagai sebuah perkumpulan yang konsern terhadap suatu bidang, lembaga tentu mengelola zakat secara profesional karena laporan keuangannya teraudit secara terbuka. Apalagi mayoritas lembaga zakat di Indonesia sudah mendapat pengawasan langsung dari Departemen Agama dari Kementerian Agama (Kemenag).

3. Sesuai Sunnah Rasulullah

Dahulu kala penggalangan zakat dilakukan oleh para amil baitul maal dengan cara berkeliling menagih zakat kepada umat Islam dari pintu ke pintu. Saat zaman pemerintahan Rasulullah SAW itu, zakat fokus disalurkan untuk pembangunan daerah, mualaf, serta kaum fakir dan miskin.

Jadi, penyaluran zakat melalui lembaga sudah ada sejak zaman Rasulullah agar pengelolaannya bisa diawasi, amanah, dan tepat sasaran.

4. Sesuai Syariat Islam

Tidak sedikit lembaga amil zakat di Indonesia yang telah memiliki tim khusus untuk mengurus operasional dan kebijakan, yaitu Dewan Pengawas Syariah. Apabila sebuah lembaga memiliki tim ini, bisa dipastikan bahwa lembaga tersebut berusaha memenuhi syariat Islam di dalam semua kegiatan amilnya. Berbeda dengan zakat konvensional yang harus berkonsultasi kepada ulama atau ahli agama terkait.

 

5. Muzakki Bisa Lihat Perkembangan Mustahiq

Lembaga amil biasanya memberikan laporan kepada muzzaki mengenai mustahiq yang sudah mendapatkan manfaat zakat. Meskipun misalnya zakat yang ditunaikan tidak banyak, setidaknya bisa mengetahui perkembangan kondisi mustahiq menjadi makna tersendiri bagi para muzakki.

Jadi itu dia 5 keuntungan yang bisa didapat apabila berzakat melalui  Lembaga Amil Zakat. Untuk menunaikan zakat lebih mudah di manapun kamu mau dengan berbagai pilihan lembaga terpercaya, kamu bisa mengeluarkannya melalui platform Donasi Kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *